r00t »» »» Setting Remote desktop Connection di PC

Setting Remote desktop Connection di PC

by LOLids artich | | | 0 komentar »


Sebuah kasus, seorang karyawan yang bekerja memonitoring semua traffik pemakaian jasa interenet. Pada saat tertentu, ia dikejutkan dengan telp yang intinya ada suatu network yang trouble. Karena ia berada di luar kantor ia g bisa memonitoring langsung traffiknya. Akhirnya malam-malam ia harus datang ke kantor untuk mengecek traffiknya. Hal ini justru akan merepotkan kita, Bayangkan aja, tengah malam harus datang ke kantor untuk mengecek data, traffik di monitoring kantor.

Alangkah lebih baik kalau hal itu bisa kita kerjakan di rumah, kita bisa mengoperasikan komputer di kantor tanpa harus datang ke lokasi ? Betul g' ?
Penasaran ga’ gimana caranya kita di rumah bisa me remote komputer di kantor, g usah bingung-bingung banyak sekali aplikasi remote desktop tersebar di dunia maya, ada yang free, free trial, bahkan ada yang berbayar, Namun kali ini kita akan membahas aplikasi remot desktop yang free dan tidak perlu instaal aplikasinya, karena emang dari sananya sudah ada di dalam Windows XP. (ujicoba pada SP1, SP2, SP3 dark edition!).
Remote Desktop Connection merupakan Aplikasi bawaan Windows XP, setiap kali install Windows XP, Remote Desktop pasti sudah terinstall. Hal ini memudahkan untuk melakukan remote komputer dari tempat jauh. Dengan ini kita bisa mengoperasikan langsung komputer di kantor. Se akan-akan kita berada di depan langsung komputer kantor, padahal posisi kita di rumah. Penasaran caranya gimana …. ? Gini caranya :
Pastikan komputer yang akan di remote, sudah diaktifkan services remote desktop connectionnya. Untuk mengaktifkannya:
klik kanan pada mycomputer à pilih propertis, maka akan tampil window System Properties à pilih tab remote. Nah ada dua pilihan yang pertama Allow Remote Assistance invitations … pastikan opsi ini di pilih. Serta Allow users to connect remotely … pastikan opsi ini juga dipilih.

Jika sudah semua, sekarang bisa meremote komputer tersebut. Buka aja di start menu à Accessories à Communication à Remote Desktop Connection. Nah dari ini masukkan aja IP kompute yang akan di remote. Trus kita masukkan username password untuk bisa login ke komputer yang diremot.



Semoga bermanfaat .



Yang dimaksud dengan meremote komputer disini adalah mengendalikan komputer jarak jauh dengan komputer yang berbeda. Jadi kita bisa melakukan aktivitas untuk menggunakan mouse dan keyboard dengan lokasi komputer yang berbeda. Misalnya Anda ingin mengendalikan komputer kantor dari komputer/laptop di rumah. Tapi yang akan dibahas disini kita menggunakan jaringan LAN saja untuk memudahkan maksud dan tujuan penulisan. Program aplikasi Remote Administrator atau PC Anywhere, biasanya digunakan untuk meremote komputer ini. Tetapi disini saya tidak membahas dua aplikasi tersebut diatas, melainkan menggunakan fasilitas yang telah disediakan Windows XP. Misalkan Anda punya dua komputer yang sudah terhubung dijaringan. Anggap saja komputer A dan komputer B. Dan Anda ingin mengambil alih seluruh kontrol komputer A dari komputer B. Jadi komputer A merupakan komputer object yang akan jadi sasaran kita. Untuk memudahkan memahaminya langkah yang harus dilakukan :
Sebaiknya seluruh firewall dikomputer A dimatikan terlebih dahulu, baik itu firewall bawaan windows XP maupun dari luar.

Untuk mematikan firewall, klik tombol start -> Control Panel -> Security Center -> windows firewall kemudian pada windows firewall pilih tab general, kemudian matikan (off) firewall.


Password User di Aktifkan

Terkadang pengguna Komputer masuk windows tidak mengaktifkan Password-nya, sehingga saat masuk komputer langsung tanpa ditahan pertanyaan password. Untuk mengaktifkannya Klik Start->Control Panel -> User Account -> User Account lagi -> pilih user yang Anda gunakan -> Create a Password. Setelah selesai Anda Log off dulu kemudian masuk lagi dengan Password yang baru dibikin lagi, ini hanya sekedar meyakinkan login dan password Anda sudah aktif bekerja. Setelah langkah-langkah diatas sudah dilakukan, berikut ini merupakan cara men-setting romete pada windows XP. Klik Start->Klik Kanan My Computer ->Propertis Kemudian pilih tab Remote Display yang muncul sebagai berikut :


remote1

Pada Remote Assistance -> Allow Remote Assistance….. harus tercentang. Remote Desktop -> Allow users……. juga dalam keadaan tercentang. Kemudian klik tombol Select Remote Users Pilih tombol Add, lanjutkan lagi klik tombol Advanced Diteruskan klik tombol Find, Display yang akan ditampilkan sebagai berikut :


remote2

Pilih nama user yang Anda gunakan untuk dapat meremote.

Pilih tombol OK sampai selesai semua.

Sekarang kita sudah men-setting Komputer A yang menjadi Object sasaran kita untuk meremote komputer.

Selanjutnya Anda coba pergi ke komputer B untuk mengambil alih kendali komputer A dengan syarat komputer A tidak boleh melakukan aktifitas sama sekali.

Dari Komputer B sebagai komputer untuk pengambil alih kontrol, klik Start->All Programs->Accessories>Communications>Remote Desktop Connection.


Tampilan sebagai berikut :

remote3

Isi dengan nama komputer ( computer name ) dari komputer yang menjadi object sasaran.

Selanjutnya akan muncul permintaan user dan password, Anda harus isikan sesuai dengan User dan Password yang dikomputer A.




tag: setting remote desktop, setting desktop, remote desktop.





Article information: Description: Setting Remote desktop Connection di PC Rating: 4.5 - Reviewer: LOLids artich - ItemReviewed: Setting Remote desktop Connection di PC


Related Tips, Tricks and Tutorials :



0 komentar Post :
Setting Remote desktop Connection di PC


NOTE:
Follow me ON Facebook , Twitter or

Blog ini adalah Blog DoFollow dengan PageRank Free PageRank Checker, sobat akan mendapatkan Backlink untuk BLOG anda dengan berkomentar di Blog ini. Jangan ada komentar Spam, Please!!.

"Jika Menemukan LINK yg Tidak bisa di akses pada BLOG ini!, silahkan beritahu kepada kami melalui Komentar, Form, etc . sesegera mungkin kami akan memperbaikinya. Terimakasih"




Post a Comment

Next Prev Home